Pare Ohh Pare...

Jumat, 06 Maret 2015

jeng jeng!!
Udah dua tahun nih blog kagak dibuka, *usap-usap kali aja banyak debu nempel*, keliatan kalo di pojok2nya udah banyak laba-laba pada nangkring dengan santainya di sarang mereka sambil melet2 ngeledek. Resehnya, salah satu dari pimpinannya dengan muka tengil teriak-teriak, "Mbak Bro, tempatmu nulis gue jajah dulu setaun!". Ahh sial! Langsung ambil pose *asah clurit

#buang imajinasi!


Ehm! Apa kabar blog-ku yang dianaktirikan? Are you OK? Iyee..iyee..aye sambangin kali ini. Aye? Ane aja deh biar agak gahol kayak anak2 kaskus.. hehe SUNDUL SUNDUL! -sayang kagak ada emotnya-
Oya, ngemeng2, udah setaun tentunya udah banyaak bgt kejadian masa lampau yang harus di -past tense-kan ya..jadi mau cerita apaan donk? hmmm..


Gini aja, kali ini ane mo cerita yang masih dalam periode SBY berkuasa aja ya, di awal taun 2014, biar kagak update2 amat, yang penting kan ada cerita. Betul betul betul??
yoo..mulai jamaaaahhh...yaa jamaah...!!! *ngibasin syal

Saudara-saudara, ada yang pernah denger Kampung Inggris di Pare, Desa Tulungrejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur kagak? Itu lho.. yang katanya banyak orang yang pada keci ngomong Inggrisnya -katanya siih gitu-. Naahh, ini dia disini ane mo cerita tentang Kampung Inggris ini. Pasang kacamata, mari kita simak cerita mba Rizka yak, memperingati satu taun ane pernah kesana.. cekidot!


Peta Kampung Inggris (Sumber: kaskus.co.id)



**SOUND EFFECT 20th FOX CENTURIES**

Januari 2014

Menjelang Februari Off dulu dari ketjaan, dan ceritanya akan kembali lagi Maret, digalaukan dengan apa yang bakal ane lakuin selam sebulan? Mo maen, ma siapa, mo tidur, masa iya terus2an kayak Putri Salju. Mo belajar, gangguan TV begitu dahsyat. Akhirnya..ane putusin mo ke Pare aja, sapa tau pulang2 bisa jadi bule. Enggak ding, terinspirasi aja sama adek bontot ane yang pada waktu itu lagi merantau kesana mencari ilmu di Kerajaan Kediri. Yasudahlah, Januari ane putusin ntar Februari mo kesana. Fokus ane sebenernya mo punya sertifikat TOEFL, jadi ada kagak yang bisa bikin TOEFL: ane jadi 500 dalam sekejab. *timpuk wajan*

Jujur sih, *ini serius* ane pengen belajar TOEFL, kali aja ntar butuh buat ngelamar kerja, ato setidaknya bisa ane tunjukin ke temen2 ane kalo ane pernah ikutan TOEFL, heuheuheu. Alhasil, dalam 3 kurun waktu sebulan itu, ane mulai browsing tuh di internet, kira2 lembaga mana ya yang bisa kejar tayang TOEFL selama sebulan. Pusing bener liat di internet saking banyaknya Lembaga di Pare itu, mau pilih yang mana. Untungnya ane cerdik -dan sedikit licik- ane manfaatin aja si adek buat nyariin dan survey-survey disana. Ketemulah satu opsi, yaitu program Toefl Camp di Elfast dengan biaya di brosur 500rb sebulan, termasuk asrama. Done! Ane transfer duit ke adek, ane suruh daftarin. Abis itu, bingung deh masa iya jaoh2 ke Pare cuman bisa TOEFL doank. Tapi, dipikir-pikir, jadwal TOEFL aja udah 6 jam pelajaran @1,5 jam, total 9 jam sehari. Mateng gue! Ane cari lagi tuh browsing-browsing, sambil berdoa biar kuat menjalani hidup  ikutan tambahan program, dan yang jamnya bisa matching. secara, di TOEFL Camp Class ini ane cuman dapet waktu istirahat jam 11.30-14.30 dan jam 16.00-18.00. Mantep kaan?? Putar otak deh. Pertama dapet tuh lemabaga yang katanya bafus di Speaking, namanya Daffodils. Ane telpon2 kesana, dan si embaknya bilang program yang bisa ane ikutin jam 16.00m sementara TOEFL juga ada yang selesainya jam 16.00, padahal jarak kedua lembaga tersebut 1,6 km. Woooww!! Masa iya ane jadi Jinny oh Jinny, sekali Cling langsung nyampe. Ngebayangin ane bersepeda ontel dengan keringat bercucuran menempuh perjalanan sejauh itu tiap hari, dan kalo telat terus ntar nilai ane jelek?! ohh NO! Akhirnya ane putusin kagak jadi aja deh. Kesimpulannya, ane baru daftar 1 Program di Elfast.

Ternyata, semua program di Pare itu dilumai tiap tanggal 10 dan tanggal 25. Khusus program bulanan tuh mulai tanggal 10, termasuk di Elfast. Nah lo!! Yang jadi masalah, ane kan libur kerja mulai 1-28 Februari. Gimandooonggg?? Akhirnya menjelang detik-detik Proklamasi akhir Januari, ane putusin menghadap Kepala Bidang ane buat mundurin tanggal libur, dan mundurin tanggal masuk selama 10 hari. hehe. Walaupun takut ntar kagak dibolehin, ternyata dibolehin juga. Ahaayyy!!! Per 10 Februari - 09 Maret ane bisa bebas tugas!! Berangkaattt!!


Februari - Maret 2014

Hari Minggu 9 Februari jam 07.00 WIB ane udah nangkring di terminal Jombor, Ngayogyakarta Hadiningrat nungguin jemputan travel. Sebenernya perjalanan dari rumah ane ke Jogja itu yang lebih dramatis, tapi males deh ane ceritain, puanjang kali lebar kali tinggi sama dengan volume. *salah fokus*
Disana anhe cuman bisa memandangi dengan syahdu bis-bis Nusantara dan Ramayana yang berangkat dengan enjoynya. Satu menit, dua menit, satu jam, setangah jam hasilnya masih nihil. Ane duduk dengan muka sangar di pinggir terminal, bawa tas gede dan agak gede, persis kayak TeKaWe yang baru minggat dari majikannya. Kata pihak travel ane dijemput jam 7.00 pake mobil elp ijo, tapi sampe jam 8.00 tuh ijo-ijo belom juga nongol. Putus asa ane sampe situ, udah mo rencana gak jadi naek travel terus ngebis aja sampe Jawa Timur. Satu jam, muka aneudah makin kusut, nih bibir udah manyuhn-manyun kagak karuan saking bete-nya. Dan,, disaat putus asa ini udah mulai membara, tiba-tiba dapet telpon dari driver travel jam 08.40. hufff,, bagusnya lagi tuh travel nyampe situ jam 09.00. Bayangin aja guys, ada cewe manis nangkring di terminal selama 2 jam gara-gara di pe-he-pe-in ama travel. Tapi ya sudahlah.

Gini nih, naek travel tuh malesnya mampir-mampir ngejemput orang, belom lagi nganter titipan.  Jadinya lambreta di jalan. Tapi mo gimana lagi, naek kereta ribet, naek bis, bawa barang udah kayak bawa anak. Terpaksa cari alternatif paling simpel, walopun gini nasibnya, demi ilmu, semua kulakukan. *adegan Naruto yang berapi-api sambil ngepelin tangan*
Nge-poto bis di terminal Jombor. iseng aja sih


Perjalanan dari jam 09.00 dari Jogja, akhirnya setelah 8 jam (kalo naek pesawat udah nyampe Riyadh kali yak), ane nyampe juga ke Gerbang Desa Tulungrejo, Pare Kediri. Ane turun tuh di depan Office Elfast , clingak-clinguk tau2 masuk, duduk. Nanya-nanya gimana Camp-nya, daaann ternyata campnya jaraknya setengah kilometer per jam dari sini. Omaigot, ane pasang muka melas, sampe akhirnya dianterin tuh ama salah seorang staf situ ke Camp Logico di Jalan Brawijaya.

Sampai disana.. TARAAA!!! Full coyy!! kayaknya emang ane ambil jadwal kursus yang emang waktu libiran semester anak kuliahan. Jadi, ane dapet deh kamar yang isi 6, padahal sebenernya pengen yang isi 4. Tapi gapapa, yang penting ane bisa tidur tenang aja itu dah cukup. Dan menit demi menit berlalu, makhluk-makhluk berwujud manusia dari kota lainpun berdatangan merangsek ke dalam kamar. Ada yang dari berbagai penjuru pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Seneg juga sih dapet banyak temen dari laen pulau, sekalian belajar bahasa daerah. hehe

Begini dalem Camp Logico

Satu hal yang bikin ane mendelik gak enak, liat jadwal kursus yang padet. Mulai jam 5.00 kita dah harus belajar smpe jam 9 malem. Istirahat cuma bentar-bentar doank. Omegoottt, seriusan ini. Mana lama kagak pernah lagi ngerasain yang namanya belajar. *tepok perut*
Anyway, gini-gini ane yang udah membulatkan tekat biar bisa pinter dikit ngomong bule sama nulis yang kek gitu deh, ane juga berinisiatif buat ambil kelas speaking di lembaga lain. Dua minggu pertama di Able and Finish, 2 minggu selanjutnya di Peace. Jadi..lumayanlah waktu kagak kebuang buat molor. Iya, bener..waktu molor siang malah ane pake buat belajar!! Kurang kece apa coba? *kibas kipas*

Penampakan depan Elfast
                                                     
Suasana di"kampus" Elfast


Hari-hari berlalu ampe gak kerasa, ane anjoy aja selama disana. Temen2 semua pada asyik, tutornya juga gitu. Cuman masalahnya ane paling kagak kuat melek di kelas, alhasil dengan ketidak sengajaan dan tanpa dosa, ane sering ketiduran. Sekali lagi ke-ti-dur-an. Jadi, kagak ada niat sama sekali buat tidur, tau-tau tidur gitu aja. Walopun beberapa kali kepergok, tapi mata ane kagak pernah kapok. Jadi teori antara mata itu gak kayak hati, kagak bisa dikompromi. Itu terbukti bener!! Bahkan, pas tes TOEFL tiap senin rabo jumat malem, juga masih aja bisa tidur. Tapi berhubung ane emang kayaknya Dewi Fortuna lagi lengket ma ane, hehe.. nilai TOEFL ane selalu bagus. Nah ini yang bikin anak-anak laen jadi pada sewot. Emang sih, sesi Listening ma Structure ane masih mikir dikit, tapi kalo udah nyampe Reading, beneran angkat tangan. Jawaban oplosan jadi opsi terjitu buat ane. Makanya, kadang anak-anak yang mo nyontek jadi mikir 2x kalo ngeliat ane jawab soal sesi ketiga, udah kayak gambar lingkaran bulet-bulet, gimana kliatan kece aja diliat, tanpa harus baca soal. Yang udah semangat 45 duduk di samping ane, berharap ketularan dapet skor yang lumayan, ujung2nya cuman bisa mengernyitkan dahi sambil kagak percaya apa yang ane lakuin. #skip


Sebagian member Toefl Camp, eits..yang tengah itu tutornya :D
                              

Oiya,,selain di Elfast, ane juga nyari peruntungan ikutan speaking class, itung2 buat ngisi waktu yang super sempit gitu deh. Ane sama solmet ane yang namanya Dea, mojang Bandung loh *lirik Dea*. Balik lagi, pertama ane nyari speaking class yang kosong pas jam 4 sore sampe jam 5.30 itu susahnya minta ampyong deh. Secara biasanya jam segitu lembaga2 disini kebanyakan udah mulai kelas. Akhirnya, setelah seharian duaharian kita berdua berkelana, nemu juga tuh lembaga. Dua minggu pertama kita ikutan di Able anda Finish.  Lumayan lah, setidaknya disana kita ambil speaking dasar gitu, buat permulaan ngomong ala bule (bule wonosobo keleeess). Trus dua minggu kedua ane sama temen ane yang satu  ntu sepakat buat ngambil speaking class di Peace, setidaknya disini kita ambil kelas yang udah tengah dikit laaah. hehehe. Beneran digeber sama tutornya harus ngomong cas cis cus deh. Apalagi pas suruh bikin video pake ngomong Inggeris gitu, jan isin tenan asline. Masa iya ane suruh curhat ke orang masalah rumah tangga, masalah suami ama mertua ane, dishooting lagi. Emang ane kapan kawinnya coba? hahaha tapi yasyudahlah, pengalaman lumayan berharga kok. Asyiknya tuh disini, kalo pas mo ngambil speaking class yang jam 4, itu emang harus kejar waktu, secara nih ya.. kelas Toefl di Elfast juga ada yang baru kelae jam 4, Jadi ntr pas lagi tengah2 kelas kita ijin buat sholat, ntr jam 4 kelas dah kelar, langsung deh ngabur kayak petasan lompat. Genjot sepeda sampe ngos-ngosan, sampe tempat kursus udah telat, masih dihukum lagi. Makhluk Tuhan yang unyu ini selalu tegar menghadapi cobaan itu. *halah*

  Kelas terakhir di Peace, poto2 duyuuu.................


Sebelum pulang, ikutan kelas sama native speaker dulu
Sampe akhirnya, 9 Maret 2014 kalo gak salah, berahirlah sudah semua itu. Good bye Pare,, Good bye semua, nyong mbalik maning ning Wonosobo. *wuzzzzzzzzzzzzzz



The Unforgetable Stories

Menjelang kejadian itu, sore harinya kita masih ketawa ketiwi

Ini nih, kali ini ane mo crita sebuah moment tak terlupakan sepanjang masa ketika ane lagi enak-enakan molor tengah malem. Waktu itu malem jumat, tanggal 13 februari 2014, tepatnya malem 14 februari 2014, malem palentin malem kasih sayang ato apalah. Yap, benar sekali, di malem itu ane dan temen-teman ane dapet kado paling special sepanjang sejarah.
Jadi gini, ane udah ngantuk banget, jam 10 malem ane bersiap bobok unyu di kasur bagian atas yang paling deket ma atap. Lampu mati. Udah gitu sekitar jam 11an malem, ane udah mulai bad mood nih, udah siap jebol atap gara2 sewot, masa iya jam 11 ada gitu yang nyalain lampu yang jaraknya cuma 1 meter di atas kepala ane. Slow,, ane turun nih dari kasur, critanya buntut ma tanduk dah mulai kluar. Tapi,,apa yang terjadi... camp udah rame, ada yang nangis, ada yang teriak, pokoknya pada heboh. Ane masih berdiri, terdiam, melongo dan bertanya-tanya apa yang gerangan ayng sedang terjadi. Anak-anak udah pada rapisambil peluk koper masing-masing. Ane dengen bloonnya nanya, ini lantai kok kotor, terus pada mo kemana? kok pada nangis? *nanyanya ada yang direct ada yang inside my heart*. Ternyata, kejutan itupun datang tepat di malem palentin. GUNUNG KELUD MELETUS!!!! Iya, Gunung Kelud, yang kalo dari Desa Pare juga keliatan jelas. Pantesan aja ada krikil pada masih anget, fresh from the oven masuk ke dalem camp. WeOwWe bingit kejutannya. Ane bengong bentar, trus dengan sok coolnya tanangin anak-anak yang pada geger, walopun dalam hati juga udah panik setengah gilak. Tangan gemeter, tapi juga bilang "tenang, tenang, tenang! Gak papa gak papa!" Lalu, tiba-tiba suara gludug gludug, langit merah, dan Duarrrrr!!! kretek kretek, ada krikil anget lagi. hehe, gimana perasaanku waktu itu, ahayyyy???
Kita nelpon kluarga masing-masing, dan bokap ane dengan coolny juga bilang," ora popo nduk, jare ahli geologi ora bahaya kok". Zzzzzz, ketaktan ane luntur dikit deh, dan di tengah suasana mencekam dan mati listrik, ane cuma bisa melihat langit berwarna merah dari jendela, serta menikmati dengkuran gunung kelud. Walopun dalam hati pasrah, masa iya ane mo mati hari ini? *lebay kumat* dan karna ane pasrah, apalagi mata ane maki berat, akhirnya bodo amat mo mati sekarang ato besok-besok, ane putusin balik kamar dan....tidur lagi, sampai pagi menjelang, dan terima kasih Allah, hamba-Mu yang unyu ini masih bisa pecicilan sampe sekarang. Tuhan Maha Asyik. heheheh

Jalanan ber-abu


Begitulah, pagi hari udah hujan abu. Semua tempat warnanya putih dikasih "salju" ala Kelud. Untung banget ane udah punya masker, sampe akhirnya gara-gara isu bodong kalo bakal ada lahar dingin, nyali ane ciut juga. Jam 5 sore, ane putusin buat kabur dari Pare beserta tas segede lemari, buat cabut ke Surabaya, ke tempat kakak sepupu ane. Lagian, ane pikir gak kondusif kelamaan disini, ane udah mulai sesak napas. Alhasil, sore menjelang petang dengan modal nekad ane bertolak dari Pare ke Jombang dan akhirnya surabaya. Dari Pare numpang orang ke terminal, pake muka badak lagi, dah gitu sambung ke Jombang pake Elp, trus ngebis sampe Terminal Bungurasih, Surabaya. Perjalanan pertama kali sendirian di Jawa Timur. *kibas poni*

Singkat cerita, 3 hari sudah ane di Surabaya, akhirnya ane putusin ke Pare lagi. Daaann, ternyata camp sepenuh itu tinggal separo penghuninya, alias pada gak berani balik garagara takut ada letusan susulan. ahahahaha lalalalalalaaa, udah kayak evolusi aje. :p

Penampakan Gunung Kelud pasca letusan. Kliatan gak?


About Pare yang bikin saya makin lala..
  • Sepeda jadi kaki kita kemana-mana
    Jadi, selama di Pare, akses para pelajar mau nggak mau ya pake sepeda. Iya, sepeda. Tapi boleh juga kok kalo ada yang bawa motor, bagi yang bawa loh. Disana banyak banget tempat persewaan sepeda, dan umumnya sepeda paling populer adalah yang pake keranjang, metk cina gitu. Harganya sekitar 50ribu-100 ribu rupiah per 30 hari, tergantung jenis sepedanya apa dan kita harus pinter-pinter nawar. Kalo ane waktu itu dapet yang harga 60ribu, lumayan lah,, sepeda cina juga, ada keranjangnya juga, tapi pake gear jadi bisa gampang atur-atir gigi. Yang pasti, berhubung ane agak pelit, ane pilih yang gak ada boncengannya, heheheh
Sepeda yang rata-rata homogen. Punya ane agak beda, tuh yang merah

 Makanan disana murah-murah**
  • Warung makan disana kayaknya tau deh kalo siswa disini pada hidup dibawah standar kelayakan alias pada ngirit. Jadi, disini nih, kalo makan ala rumahan misalnya, pake nasi sama sayur sama ayam sama es teh sama buah, cuman habis 7-8ribu loh. Es teh aja seribu perak disana. Buah juga harganya gopek. Itu juga prasmanan jadi terserah kita mo ngambil nasi sampe piring nggak kliatan juga diitungnya sama. Kebayang kan gimana kenyang n murahnya. Jadi kalo pengan makan nasi sayur n tahu tempe sama minum, paling juga habis goceng, kayak hebohnya gocengan kiefci kan?

    Kalo misal pengan jajan, ada juga pentol, kayak semacam bakso gitu pake saos, harganya juga gopek. Ada juga es cincau pakek nangka dua ribuan yang abangnya pinter bahasa inggris, bikin yang beli jadi minder *garuk2 pohon*. Terus yang paling enak pas lagi kemarau, minum capuccino cincau yang harganya 3ribuan. Promosi. Pokoknya surganya jajan ala anak esde deh, tinggal pilih cusssss.......

         **harga berlaku pada saat saya mash disana. Februari-Maret 2014


  • Buku disana juga murah
    Selama belajar di Pare, satu buku wajib yang wajib punya yaitu Oxford Pocket Dictionary. Kalo nggak salah harganya 12ribu yang kawe, gak tau aslinya berapa. Toko buku yang lumayan terkenal n komlit namanya Barokah, ada 2 cabangnyam deket masjid jalan mawar sama yang gedean di jalan anyelir. Trus ada juga di pojok jalan anyelir, toko buku juga, cuman ane lupa namanya ama. hehe maap yak :D

  • Banyak tempat asyik Berhubung suasana berasa di kawasan kampus, makanya banyak tempat nongkrong yang asik. Kalo malem-malem paling enak nongkrong ato sekedar ngerjain pe er di Bali House. Tempatnya semacem kafe, romantis gitu banyak lampu dan lampionnya. Makanannya sih standar, kayak ayam goreng dan semacamnya, tapi minumannya unik-unik, ada yang dibikin kayak Sunset gitu, trus ada yang warnanya biru,,enyak maknyusss.
    Rumah Makan Seribu Asri
    Jajan di Alun-Alun

    Bali House

  • Terus ada juga ketan susu (TanSu). Tampatnya agak jauh, di deket The Daffodils. Disana enaknya pas siang hari, soalnya tempatnya sejuk karena ada pohon agak gede. View depan warung juga asoy, yaitu sawah luasssss yang bikin mata jadi matre, alias mata ijo dan bikin ngantuk pastinya. "aku dibelaibelai oleh angin disana". zzzzzzzzzzzzz

    Kalo pas weekend nih ya, pas nggak ada kelas, paling enak kita kluar dari Pare, tepatnya di Ibukota -Kabupaten atau Kota?- Kediri (ane lupaaaa). Kalo kita gowes dari Camp di Brawijaya, kita spend time sekitar 15 menit laaah. Disana kita bisa maen ke Taman Kilisuci, semacem alun-alun gitu. Enak kok tempatnya, pas kalo buat maen pas sore, banyak anak-anak juga.

    Taman Kilisuci


    Taman Kilisuci
    Lanjut gowes sekitar 5 menit dari situ, ada Monumen Garuda yang ada tulisan Proklamasi sama Pancasila. Wajib tuh buat poto poto.

    Monumen Garuda
    Ato, kalo misal mo rame-rame sama temen-temen, ada juga tepat karaoke. Harganya juga standar kok, dan lagunya lumayan lengkap. Selamat mencoba!

    Adu suara

    Oiya, satu lagi. Bisa juga nih kalo mau ke Perancis ala Kediri, yaitu di Simpang Lima Gumul, Kota Kediri. Kita bisa sewa angkot ato pake motor buat kesana, sekitar 15-20 menit. Ada sebuah monumen yang jadi icon kota Kediri, dan mirip banget -mungkin adeknya- menyerupai Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Bagus deh buat narsis alay, trus dijadiin DePe BeBeeM, aplut di instagram geto-getoooo.. Kalo malem rame, dan rata-rata punya niat dan hasrat yang sama, yaitu p.o.t.o.p.o.t.o. -___-


    Arc de Triomphe-nya ada di Gumul

    Udah dulu yaak, cerita di Pare, ane mo nengok sodara dulu di Planet Mars. Byeeeee!!! Wuuuuuuzzzzzzzzz!!!!!!!!!
Kalo ada waktu, cobain juga nih Pantai di daerah Blitar.. pecah!!!


0 komentar:

Posting Komentar